Friday, January 13, 2017

Belajar HTML untuk Pemula Sesi 1

Mengenal Hypertext Markup Language (HTML)
Dalam situs wikepedia Hyper Text Markup Language atau lebih dikenal dengan sebutan HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Fungsi HTML
Setelah kita mengenal tentang bahasa yang telah berhasi mengubah dunia ini, kini saatnya kita mengenal tentang fungsi dari HTML, yaitu:
Setelah kita mengenal tentang bahasa yang telah berhasi mengubah dunia ini, kini saatnya kita mengenal tentang fungsi dari HTML, yaitu:
  • Berfungsi untuk mendesain, menggontrol isi dan tampilan website
  • Kemudian mempublikasikan dokumen secara online agar bisa diakses oleh dunia
  • Berfungsi untuk membuat pranala
  • Mengintegrasikan antara gmbar dengan tulisan, berkas suara dan gambar bergerak
  • Membuat fom interaktif dll
Nah, untuk mengakhiri sedikit tentang teori HTML, perlu saya bahas sedikit 2 (dua) tool yang sangat dibutuhkan:
  1. Browser
  2. Merupakan aplikasi di install di komputer client, berfungsi sebagai penerjemah tag-tag HTML menjadi halaman website. Contoh Mozilla, Internet Explorer, opera dan masih banyak lagi.
  3. Editor
  4. Editor adalah program yang bisa digunakan untuk membuat document HTML (Web page/Halaman Web), ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya: Notepade, Notepad++,FrontPage, Dreamweaver, dll.
Nah untuk pemula seperti saya sebaiknya menggunakan aplikasi notepad bawaan windows, atau notepade++ agar penguasaah bahsa HTMLnya kuat. Untuk notepade++ bisa anda download disini

Struktur HTML
Struktur HTML terdiri dari:
<html></html> berfungsi sebagai tagpembuka dari dokumen html
<head>  </head> : diantara tag ini biasanya dimuat tag title yag metupakan judul halaman pada title browser.
<title>  </title> : berfungsi sebagai tag untuk memberikan judul pada dokumen html.
<body> </body> : berfungsi sebagai body dari dokumen html. Jadi semua informasi yang akan ditampilkan di dokumen html disimpan dalam tag body ini. Perhatikan contoh penulisan html berikut:


Silahkan ketik ulang script di editor notepade, lalu save as dengan nama hello.html. Ganti save as type di pojok bawah dari Text Document(*.txt*) menjadi all files.


Setelah Anda simpan klik 2(dua) kali file hallo.html difolder tempat anda menyimpan file tersebut. Apabila ada kesalahan silahkan bertanya dihalaman komentar

No comments:

Post a Comment