Tuesday, August 25, 2015

Cara Install ZReport pada Borland Delphi 7


Ketika komputer mengharuskan untuk diinstall ulang, maka ada yang perlu dipikir ulang juga yaitu menginstall program-program penting yang biasa digunakan. Nah, ini yang saya alami ketika saya dapati komputer yang telah diinstall belum ditambahkan paketan komponen Zreport di Delphi. Setelah berhari-hari mengobok-obok mbah google -bukan untuk mencari programny tapi mencari bagaimana cara installnya- tapi mencari bagaimana cara installnya- akhirnya saya dapatkan langkah-langkah install Zreport dari
http://buglogs.blogspot.com/2010/01/pasos-de-instalacion-de-zreport.html. Dengan bantuan mbah google untuk proses translate, akhirnya berhasil saya tuliskan langkah-langkah install Zreport. Semoga catatan kecil ini bermanfaat

Langkah - Install ZReport
  1.  Bagi Anda yang belum punya Filenya bisa download disini
  2. Extrack File Zreport dan Salin folder direktori ZReport Borland\Delphi\Lib. Langkah ini hanya opsional saja. Tidak wajib. Saya sarankan untuk organisasi file yang lebih baik.
  3. Buka Delphi, masuk menu File pilih "Close All"
  4. Slanjutnya buka menu File dan pilih "Open", cari File "ZRPTX.DPK" di direktori ZReport (Berkas X dalam nama file pertama disesuaikan dengan versi Delphi Anda. Memiliki, disini saya emnggunakan Delphi7). 
    Klik tombol Compile untuk proses kompilasi
  5. Langkah selanjutnya buka file "DCLZRPTX.DPK" (X adalah sama seperti dalam kasus sebelumnya). Tapi dalam kasus ini setelah dibuka, kita harus tekan "Compile" kemudian tekan "Install".
  6. Jika proses kompilasi dan instalasi sukses, maka akan muncul pesan bahwa instalasi selesai dengan sukses. Tekan "OK" dan pilih "Close All" dari menu File lagi.
  7. 7)    Langkah terakhir masuk menu"Tools", pilih "Environment Options", pilih Library, Library Path. tambahkan File Zreport di "Borland \ Delphi \ Lib \ ZReport" apabila sesuai dengansaran saya di atas, jika File tersebut disimpan di tempat lain, Anda harus mencari direktori Zreport. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

  8. Klik OK. Zreport Ready To Use. 

    Selamat Mencoba !!!

No comments:

Post a Comment